Media Edukasi Interaktif yang Efektif dan Praktis

Pembelajaran dikatakan sebagai media edukasi interaktif jika dalam prosesnya tidak hanya melihat dan mendengarkan. Tetapi terjadi interaksi antara pengajar dengan peserta didik, bisa antarguru dengan murid maupun media lain sebagai penyampai pesan.

Pada dasarnya, penggunaan media belajar oleh guru bertujuan untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik. Pemilihannya yang baik tentu akan sangat berpengaruh dalam meningkatkan kualitas belajar mengajar di kelas.

Alasan Wajib Menggunakan Media Edukasi Interaktif

Sarana prasarana dalam belajar selalu mengalami perubahan dan perkembangan ke arah lebih baik. Mengikuti perkembangan era digital, sarana konvensional semakin ditinggalkan, minimal dikurangi penggunaannya sebab tidak lagi efektif.

Sarana konvensional digantikan dengan media edukasi interaktif dan ini perlu diterapkan di semua sekolah di Indonesia. Alasannya yang bisa diketahui dan disimak beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Membantu upaya sekolah dan guru untuk menyeragamkan materi pembelajaran kepada seluruh peserta didik.
  2. Membuat proses belajar mengajar menjadi lebih menarik. Sebab guru bukan lagi sebagai media utama namun sebagai fasilitator.
  3. Belajar mengajar lebih interaktif. Proses ini berguna dalam membentuk karakter siswa serta menggali potensi masing-masing dalam diri mereka.
  4. Menghemat waktu dan tenaga. Karena menggunakan media teknologi informasi paling update, maka tenaga pengajar serta waktu belajar semakin efisien.
  5. Meningkatkan kualitas hasil belajar peserta didik. Lebih mudah memahami setiap materi karena pelajaran disampaikan lebih menarik dan variatif. Sehingga setiap saat muncul rasa penasaran dan ingin tahu.
  6. Penggunaannya lebih praktis. Tidak memakan banyak tempat, bisa diakses kapan saja saat dibutuhkan baik siswa maupun guru.
  7. Menumbuhkan sikap positif peserta didik terhadap pembelajaran. Meminimalisir rasa bosan, sebab tidak hanya mendengarkan guru menyampaikan materi, tetapi juga didukung dengan alat peraga lainnya.

Contoh Pemanfaatan Media Digital / Teknologi yang Dapat Digunakan

Media atau sarana belajar semakin hari mengalami perkembangan menjadi lebih canggih dan praktis yang dapat dikategorikan media edukasi interaktif. Saat ini yang paling banyak digunakan guru di sekolah adalah media seperti beberapa di bawah ini.

  1. Perangkat Komputer
    Perangkat komputer menjadi salah satu sarana yang sudah banyak digunakan dalam pembelajaran. Ini juga merupakan upaya menumbuhkan semangat dengan memutar film, video, atau lainnya yang berkaitan dengan materi.
  2. Software Pembelajaran
    Ini juga masuk kategori media yang efektif dan praktis. Cukup install dalam perangkat komputer, laptop, atau lainnya, kemudian siswa dan guru dapat bersama-sama belajar. Bahkan banyak juga software atau aplikasi yang dapat diinstall ke dalam HP.
    Pemanfaatan software pembelajaran dalam gadget atau HP peserta didik juga dapat meminimalisir penggunaan atau akses aplikasi kurang bermanfaat. Misalnya saja seperti bermain media sosial dan game sampai berlebihan.
  3. Website Edukasi
    Penggunaannya memerlukan perangkat komputer atau HP dan terkoneksi dengan jaringan internet. Kelebihan menggunakan website adalah lebih fleksibel, tidak harus menginstall aplikasi yang kadang membuat perangkat lemot.

Anda dapat meninggalkan jejak berupa komentar atau membagikan tautan artikel ini agar banyak orang ikut terbantu. Hubungi orang yang Anda percaya secara online untuk mendapatkan info dan diskusi lebih lengkap mengenai pengadaan media edukasi interaktif sesuai kebutuhan.

Ambil bagian untuk Perkaya Wawasanmu dengan Bagikan artikel ini..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Data popup dengan ID :