Media Teknologi Informasi Internet of Things dan Atributnya

IoT atau internet of things adalah salah satu media teknologi informasi yang sudah banyak berkembang dan pasti akan dibutuhkan di masa depan. Internet of thing adalah sebuah teknologi yang memungkinkan pengiriman data tanpa ada bantuan dari manusia dan komputer.

Tentunya media ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin juga sudah mulai diterapkan di Indonesia. Biasanya orang-orang akan mengirimkan data dengan bantuan komputer yang dioperasikan oleh manusia. Namun bagaimana jika darurat tidak ada yang mengoperasikannya.

Atribut Media Teknologi Informasi  Internet of Things (IoT)

Menariknya, IoT sebenarnya sudah mulai dirancang dan dikembangkan sejak tahun 1990. Di era teknologi ini akhirnya banyak orang memiliki kesempatan besar memakainya. Namun sebelum itu Anda harus tahu apa saja komponen pendukungnya.

Berangkat dari kemungkinan darurat tidak ada orang yang bisa mengoperasikan komputer untuk mengirim data, maka dihadirkan media teknologi informasi seperti IoT sebagai salah satu bentuk perkembangan digital.

Setidaknya terdapat 4 komponen pendukung utama yang menjadikan IoT bisa dioperasikan atau dipakai. Jika Anda masih belum tahu apa saja atributnya, perhatikan beberapa penjelasan berikut.

1. Perangkat mikro

Komponen utama yang ada dalam media teknologi informasi ini adalah perangkat mikro. Beberapa perangkat mikro yang dipasangkan untuk IoT memiliki fungsi meningkatkan kecepatan pengiriman data dan lain sebagainya.

Tentu saja tidak ada perangkat mikro berukuran sangat kecil di masa dahulu. Namun seiring dengan berkembangnya zaman, tentu sudah mulai banyak orang yang menciptakan perangkat mikro.

Perkembangan teknologi di Indonesia juga menyebabkan munculnya perangkat mikro. Tanpa adanya mikro tentu fleksibilitas internet of things tidak akan bisa dirasakan oleh penggunanya sendiri.

2. Sensor

Sensor juga merupakan komponen pendukung utama dalam internet of things. Sensor ini berfungsi untuk menangkap atau menerima sinyal dan perintah. Itu sebabnya IoT tidak perlu dioperasikan oleh komputer.

Beberapa contoh IoT dalam kehidupan sehari-hari seperti mobil pintar, smart city, dan lain sebagainya sudah banyak dipahami. Bahkan hal ini juga sudah banyak dipelajari dalam media edukasi interaktif.

3. AI (Artificial Intelligence)

AI atau Artificial Intelligence / kecerdasan buatan juga merupakan komponen penting dalam IoT. Tanpa adanya kecerdasan buatan tentu beberapa perangkat IoT tidak bisa bekerja sendiri secara otomatis tanpa harus diperintah setiap saat.

AI ini tidak hanya diterapkan dalam internet of things saja, namun juga di beberapa hal lainnya. Misalnya pada layanan jasa digital website dan lain sebagainya yang bisa dikategorikan dalam kotak yang sama.

4. Koneksi internet

Kemudian komponen lainnya yang tidak kalah penting adalah koneksi internet. Seperti namanya, IoT memang membutuhkan internet untuk beroperasi. Anda bisa lebih banyak mencari tahu lagi tentang penerapan IoT di dunia saat ini.

Ini sekaligus mencari tahu jasa pembuatan website terbaik. Jika Anda bisa menemukannya, akan sangat menguntungkan jika pada akhirnya bisa menjalin kerja sama. Maka dari itu, ketahui lebih banyak informasinya.

Dilihat dari semua komponen pendukungnya, tidak heran jika IoT menjadi salah satu teknologi paling dibutuhkan dan canggih di masa depan. Terdapat beberapa alasan yang mendasari hal tersebut. Atau apakah Anda memiliki pendapat yang berbeda?

Seperti zaman yang terus bergerak dan menciptakan banyak inovasi misalnya. Anda bisa membagikan informasi tentang IoT sebagai salah satu media teknologi informasi terbaik ini kepada banyak orang agar lebih banyak yang mengetahuinya.

Ambil bagian untuk Perkaya Wawasanmu dengan Bagikan artikel ini..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Data popup dengan ID :